Raja Ampat, Destinasi Menyelam Terbaik di Dunia
Wisata Bahari

Raja Ampat, Destinasi Menyelam Terbaik di Dunia

Destinasi wisata Indonesia yang relatif baru ini terletak di Semenanjung Doberai, juga dikenal sebagai Semenanjung Kepala Burung, yang merupakan ujung barat pulau besar New Guinea. Raja Ampat di Papua Barat dianggap sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia dan memiliki keanekaragaman hayati bawah laut terkaya di Bumi.

Kepulauan ini terdiri dari empat pulau besar (Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo) dan segudang pulau kecil. Pulau Waigeo, salah satu dari empat pulau besar Raja Ampat, adalah pintu masuk bagi wisatawan ke keajaiban alam ini. Pulau-pulau tersebut dilintasi garis Khatulistiwa sehingga memiliki iklim yang panas dan lembab.

Pulau-pulau ini adalah kerajaan alami yang masih asli. Hutan seringkali menutupi mereka seluruhnya. Ada pantai berpasir putih yang indah yang bergantian dengan pulau kecil berbentuk jamur hijau yang kaya akan vegetasi yang membuat pemandangannya hampir tidak nyata. Pulau-pulau tersebut juga menawarkan gua dan laguna, tetapi daya tarik utamanya adalah di bawah air: Pulau-pulau ini memang memelihara terumbu karang yang dianggap sebagai jantung keanekaragaman hayati terumbu karang dunia.

Terumbu Karang

Terumbu karang di pulau-pulau ini adalah rumah bagi ratusan spesies karang dan ribuan spesies ikan karang dan kerang. Menurut laporan oleh “The Nature Conservancy and Conservation International”, sekitar 75% spesies laut dunia hidup di perairan ini. Ini adalah tempat yang diimpikan setiap penyelam. Berikut adalah nama dari beberapa tempat menyelam terindah: Mike’s Point, Batu Lima, Blue Magic, Mios Kun dan Manta Sandy.

Baca Juga:  8 Wisata Pantai Eksotis di Singapura

Di perairan Raja Ampat Anda bisa mengagumi kehidupan bawah laut yang unik dengan keindahan yang menakjubkan. Anda mungkin pernah bertemu dengan kumpulan besar tuna, barakuda, penyu laut, dan bahkan mungkin duyung. Antara lain, jika Anda berada di sana pada waktu yang tepat, dimungkinkan untuk berenang bersama pari manta. Musim untuk mengamati mereka di Raja Ampat berlangsung dari akhir November hingga Mei.

Keindahan di Atas Air

Jika Anda mengunjungi pulau-pulau ini selain untuk snorkeling, kayak, dan menyelam, Anda juga akan memiliki kesempatan untuk mencari dan mengagumi burung cendrawasih yang spektakuler, yang menghuni pulau-pulau tersebut. Pemandangan di atas permukaan laut juga tak kalah spektakuler. Di antara tempat-tempat yang tidak boleh dilewatkan tidak diragukan lagi adalah Piaynemo di kepulauan Fam. Sekelompok pulau yang terletak sekitar 40 km dari Wasai, yaitu hanya dalam waktu 2 jam perjalanan dengan perahu. Di sini, pengunjung mendaki ke platform pengamatan untuk menikmati pemandangan pulau-pulau spektakuler ini. Inilah tempat yang paling banyak difoto di Raja Ampat.

Tempat lain yang tak kalah indah, namun lebih sulit dijangkau adalah Pulau Wayag yang terletak 150 km sebelah barat laut Pulau Waigeo. Di sini ada laguna besar dengan puluhan pulau kecil. Panorama yang ditawarkan oleh panoramic terrace yang menghadap ke laguna ini dari atas hampir tidak nyata, terlihat seperti sekilas surga. Jika Anda melakukan pencarian gambar di Google, Anda akan menemukan gambar-gambar indah dari tujuan ini.

Baca Juga:  Pulau Maratua, Pulau Eksotis Nan Indah di Kalimantan Timur