Tempat Wisata Ekstrem di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi
Objek Wisata

5 Tempat Wisata Ekstrem di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Yogyakarta selalu menghadirkan suasana yang berbeda dari tempat lain di Indonesia. Selain terkenal dengan kota pelajarnya, Yogyakarta ternyata juga menyimpan berbagai tempat wisata yang unik dan menarik untuk dijelajahi. Banyak sekali tempat wisata di Yogyakarta yang bisa dikunjungi mulai dari pantai hingga dataran tinggi. Dari sekian banyak tempat wisata di Yogyakarta, terdapat beberapa tempat wisata yang cukup unik dan menantang adrenalin. Jika Anda seorang traveller dengan jiwa petualang, maka beberapa tempat wisata Yogyakarta berikut ini wajib dikunjungi untuk memacu adrenalin.

1. Pantai Timang

Pantai yang berada di Gunungkidul ini memang sangat eksotis dengan sensasi berbeda di setiap pantainya. Dari sekian banyak pantai yang ada di Gunungkidul, ada satu pantai yang cukup unik yaitu Pantai Timang. Pantai yang terletak di selatan Wonosari dengan jarak sekitar 35 km ini menawarkan pemandangan yang berbeda dengan pantai lain di Gunungkidul yaitu pemandangan ombak yang menghempas karang.

Ombak pantai selatan yang terkenal cukup besar saat menghantam karang akan menghasilkan pemandangan yang sangat indah dan suara yang khas. Selain bisa menikmati pemandangan pantai yang eksotis dari pinggiran, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dari pulau kecil bernama Pulau Watu Panjang.

Untuk menuju ke sana, pengunjung harus memberanikan diri menaiki kereta gantung yang talinya terbuat dari tali biasa. Adrenalin Anda akan terpacu saat berada di tengah lintasan dengan minim keamanan dan angin kencang. Kereta gantung ini tidak disarankan bagi pengunjung yang fobia ketinggian/kedutan karena kendaraan ini cukup berbahaya. Untuk naik kereta ini, pengunjung diharuskan membayar 200.000 rupiah. Sesampainya di Pulau Watu Panjang rasa takut anda akan terbayar lunas karena pemandangannya sangat indah dan tidak bisa anda temukan di tempat lain.

2. Taman Wisata Alam Kalibiru

Mungkin bagi wisatawan tempat yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga karena Kalibiru merupakan tempat wisata yang sangat populer. Kalibiru sekaligus menjadi pionir wisata baru yaitu gardu pandang yang berada di atas pohon. Tempat wisata ini memang jauh dari hiruk pikuk kota Jogja sehingga banyak wisatawan yang datang kesini untuk menikmati keindahan alam sekaligus menenangkan pikiran sejenak.

Baca Juga:  8 Aktivitas Populer yang Wajib Dilakukan di Vietnam

Wisata Alam Kalibiru terletak di Perbukitan Menoreh Kabupaten Kulonprogo dengan ketinggian mencapai 450 mdpl sehingga udara di tempat ini cukup sejuk. Di tempat ini pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti menikmati pemandangan alam dari atas, flying fox, melintasi jembatan gantung, dan lain-lain. Saat berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk berfoto ria. Untuk memasuki Wisata Alam Kalibiru, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin melakukan outbond, wisatawan dapat membayar paket outbond senilai 35.000 rupiah.

3. Gurun Parangkusumo

Siapa bilang gurun hanya ada di negara Afrika/Timur Tengah. Hamparan pasir yang sangat luas ini juga bisa kamu temukan di Yogyakarta tepatnya di Gumuk Pasir Parangkusumo yang terletak di Jl. Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Saat anda berkunjung kesini, anda akan melihat hamparan pasir yang sangat luas.

Aktivitas paling populer di tempat ini adalah sandboarding atau meluncur menggunakan papan di atas pasir. Anda bisa meluncur dari atas bukit ke bawah menggunakan papan yang tersedia. Aktivitas ini cukup memicu adrenalin karena kecepatan skateboard ini cukup kencang dengan tantangan pasir yang bisa membuat Anda terpeleset dan terjatuh. Selain itu, wisatawan yang berkunjung juga bisa menyewa ATV atau kuda untuk berwisata di gurun pasir. Tempatnya yang unik dan asri juga sering digunakan oleh pasangan yang akan menikah sebagai lokasi prewedding.

Baca Juga:  4 Destinasi Terbaik Menyaksikan Musim Gugur di Jepang

4. Curug Luweng Sampang

Siapa bilang gurun hanya ada di negara Afrika/Timur Tengah. Hamparan pasir yang sangat luas ini juga bisa kamu temukan di Yogyakarta tepatnya di Gumuk Pasir Parangkusumo yang terletak di Jl. Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Saat anda berkunjung kesini, anda akan melihat hamparan pasir yang sangat luas.

Aktivitas paling populer di tempat ini adalah sandboarding atau meluncur menggunakan papan di atas pasir. Anda bisa meluncur dari atas bukit ke bawah menggunakan papan yang tersedia. Aktivitas ini cukup kuat adrenalin karena kecepatan skateboard ini cukup kencang dengan tantangan pasir yang bisa membuat Anda terpeleset dan terjatuh. Selain itu, wisatawan yang berkunjung juga bisa menyewa ATV atau kuda untuk berwisata di gurun pasir. Tempatnya yang unik dan sering digunakan oleh pasangan yang akan menikah sebagai lokasi prewedding.

Beralih ke wisata air yang menegangkan dan menyegarkan, Anda bisa berwisata ke utara menuju Air Terjun Luweng Sampang di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul. Tempat wisata ini memang cukup dekat dengan perbatasan klaten sehingga lebih cepat dijangkau melalui jalan jogja – solo. Curug Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun yang sangat unik karena tebing bebatuan yang mengelilingi air terjun ini memiliki motif yang sangat unik.

Pola pada air terjun ini terbentuk karena adanya aliran sungai sehingga motifnya sangat natural. Air terjun ini memiliki air yang sangat sejuk karena berasal dari Pegunungan Sewu. Jika berkunjung ke tempat ini, kurang rasanya jika tidak menceburkan diri ke kolam air terjun untuk menyegarkan tubuh usai perjalanan. Anda bisa berenang di dekat air terjun untuk mendapatkan pemandangan yang unik karena terdapat ceruk yang tersembunyi. Tempat wisata yang satu ini masih baru sehingga belum banyak wisatawan yang mengetahui lokasi pasti dari tempat ini. Jika ingin ke Curug Luweng Sampang, jangan ragu meminta masyarakat sekitar untuk menunjukkan jalannya.

Baca Juga:  Kagiatan Menarik Dilakukan di Sentosa, Singapura

5. Gua Jomblang

Ternyata Yogyakarta juga punya wisata goa yang cukup terkenal dan unik bernama Goa Jomblang yang terletak di Semanu, Gunung Kidul. Gua ini termasuk gua yang unik dengan sinkhole atau lubang vertikal yang besar. Gua ini masih sangat alami dan terjaga ekosistemnya sehingga ketika anda berkunjung ke tempat ini anda akan menemukan lumut dan tumbuhan yang sangat subur. Saat mencoba masuk ke dalam gua, Anda akan merasakan kelembapan yang cukup tinggi yang berasal dari dinding gua dan juga pepohonan di sekitarnya.

Tentu hal ini membuat adrenalin Anda terpicu dan menciptakan pengalaman baru. Jika anda ingin melihat pemandangan paling eksotis di goa ini, datanglah pada jam 10 pagi hingga 2 siang karena anda akan melihat pemandangan matahari yang menerobos lubang di dalam goa sehingga akan terlihat sangat indah. Anda bisa mengabadikan momen tersebut dengan berswafoto atau berfoto di atas gundukan yang ada di bawah lubang. Namun perlu Anda ketahui, jumlah orang yang diperbolehkan masuk ke dalam goa sangat dibatasi untuk menjaga kelestarian vegetasi yang ada di dalamnya.

Sangat disarankan untuk melakukan reservasi sebelum berangkat agar tidak kecewa saat berkunjung ke tempat wisata ini. Untuk bisa menikmati wisata yang cukup menantang dan cukup membuat badan kotor ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar 450.000 rupiah.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata Yogyakarta yang menantang dan memicu adrenalin. Tentunya dengan mengunjungi beberapa tempat wisata diatas, maka liburan anda di Kota Pelajar ini akan semakin berbeda karena anda akan menemukan hal-hal baru dan pengalaman baru.